Rabu, 25 Februari 2015

Macam - macam Motif Batik



Macam - macam motif batik indonesia
Batik Indonesia sudah ada sejak dulu dan berkembang secara turun temurun. Ragam produk batik yang ada di Indonesia juga bermacam macam mulai dari baju batik, Kebaya, kain, sarung, celana, dress, dan masih banyak lagi. Di Indonesia batik merupakan salah satu teknik mengenai cara pembuatan bahan untuk pakaian atau produk lainnya. Dari cara pembuatan batik inilah akan di bedakan menurut teknik cara pembuatan batik tersebut. Contohnya adalah batik tulis yang mana proses nya di buat dengan menggunakan langsung melalui tangan pengrajinnya. Teknik pembuatan batik tulis ini cukup memakan waktu lama, tak heran jika produk batik tulis ini cukup mahal harganya. Teknik cara pembuatan batik lainnya adalah batik cap dan printing.



Batik di Indonesia telah menjadi seni dan budaya yang nilainya sangat tinggi. Bahkan pada daerah penghasil batik seperti Yogya, Solo dan Pekalongan batik sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat setempat. Dan umunya jenis batik yang bernilai tinggi seperti batik tulis tercipta dari tangan tangan perempuan, mengingat proses pembuatan batik tulis ini memerlukan ketelitian dan ketelatenan serta kesabaran yang luar biasa.
Pada jaman dulu perempuan-perempuan dari Jawa sudah menjadikan batik sebagai satu keterampilan. Melalui tangan trampil mereka inilah tercipta Batik yang cantik dengan motif motif yang indah. Pada mulanya tradisi membatik di Indonesia ini awalnya adalah tradisi yang di kerjakan secara turun temurun di setiap keluarga, sehingga pada waktu itu bisa di ketahui kalau motif batik tertentu bisa dikenali kalau batik tersebut hasil karya keluarga siapa.


Berbicara tentang batik indonesia tak bisa lepas dari motif, dimana motif batik Indonesia jumlahnya ribuan, juga tentang kain, corak dan warna batik itu sendiri. Dahulu ragam corak serta warna Batik masih banyak dipengaruhi oleh pengaruh asing, sehingga sangat sedikit dan terbatas. Namun, seiring dengan perkembangan batik itu sendiri, sekarang ini beragam corak batik, motif batik, kain serta warna batik dengan mudah bisa di temukan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar